Jumat, 12 Juni 2009

Banyak Membaca Seolah Dapat Memperpanjang Usia Kita

Pengetahuan dan Kemampuan dapat kita pelajari dan mampu kita raih , akan tetapi pengalaman hidup tidak dapat kita tebus dengan cara apapun .

Banyak cara orang untuk menuangkan segala pengalaman hidup yang di lakoninya , salah satu cara mengaktualisasi seseorang adalah dengan cara menuliskan lewat buku baik buku yang berupa kiat , tehnik , informasi , biografi dan bibliografi .

Nah dengan membaca seolah kita merangkum semua pengalaman hidup seseorang , baik berupa analisa ilmiah , tutorial , kiat , serta pengalaman perjalanan hidupnya . Analisa ilmiah yang dilakukan seseorang selama berbulan bulan bahkan bertahun tahun , dapat kita pelajari dan kita manfaatkan hanya dengan mempelajarinya dalam hitungan hari . Pengalaman hidup seseorang yang di lakoninya selama seumur hidupnya , dapat kita ambil manfaat dan kiat kiatnya hana dalam hitungan hari .

Dengan meng-analogikan sebagaimana tersebut di atas , maka waktu kita selama 1 bulan dapat menjadi sebuah waktu 1 tahun bagi pengalaman orang lain , waktu 1 bulan kita akan memiliki analogi waktu bertahun tahun orang lain di saat melakukan analisa dan uji ilmiah .

Sehingga waktu sepuluh tahun kita dapat menjadi analogi warsa dan abad bagi akumulasi perjalanan hidup orang lain .

Memahami hal tersebut di atas , secara psikologi dapat kita pahami bahwa misalnya rentang 40 tahun usia kita bisa jadi memiliki analogi abad , sehingga seolah hanya dengan membaca memiliki analogi memperpanjang usia kita hingga waktu yang tak terbatas .

Ayo kita budayakan membaca ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar