Rabu, 14 Juli 2010

COMPENSATION & BENEFIT SYSTEM (COMPETENCY-BASED APPROACH)

LATAR BELAKANG

Compensation & Benefit System (Sistem Balas Jasa dan Tunjangan) adalah salah satu bagian yang integral dalam rangkaian HR Management Strategy. Sedemikian pentingnya sehingga keseluruhan proses HR Management akan macet bila sistem ini tidak disusun dengan baik.

Compensation & Benefit System (Com-Ben System) memiliki 3 filosofi dasar, yakni : Internally Fair, Externally Competitive, dan Affordable.
Filosofi Internally Fair memungkinkan perusahaan mampu mempertahankan orang-orang terbaik dalam perusahaan, mampu mendorong prestasi kerja yang optimal dari setiap individu, serta meredusir rasa ketidakadilan diantara karyawan.
Externally Competitive memungkinkan perusahaan mampu menarik minat orang-orang di luar perusahaan untuk bergabung, serta mampu meningkatkan citra baik perusahaan.
Affordable adalah filosofi dimana perusahaan harus memperhitungkan kemampuannya dalam memberikan com-ben.
Namun demikian penyusunan Com-Ben System yang efektif merupakan proses yang cukup rumit, apalagi di perusahaan yang memiliki karyawan dalam jumlah besar. Penyusunan sistem ini merupakan suatu proses yang diawali dengan perumusan Business Strategy, Organization Design, Organization Structure, Competency Profiling (Job Analysis), Job Evaluation, Salary Structure & Salary Scale, serta diakhiri dengan penyusunan Com-Ben Policy.
Kerumitan penyusunan Com-Ben ini disebabkan pula oleh karena sistem ini berkaitan erat dengan sistem-sistem lain dalam HR Management terutama Career Planning , Performance Management, dan Training & Development.
Sasaran :
  1. Memahami Compensation & Benefit System sebagai bagian integral dari proses HR Management Proses Manajem serta sebagai alat untuk mencapai Business Strategy.
  2. Memahami proses penyusunan Compensation & Benefit System.
  3. Memahami perumusan Job Evaluation.
  4. Memahami perumusan kebijakan Compensation & Benefit System.

sumber artikel : http://saran-profesional.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar